Beranda > Liga Jerman > 10 Fakta Menarik Edin Dzeko

10 Fakta Menarik Edin Dzeko



Dzeko: “Datanglah padaku City, kau kuberi gol dan gelar juara Liga Inggris!”

Edin Dzeko. Manchester City rela merogoh kocek lebih dari 30 juta pounds untuk bomber Wolfsburg ini. Siapa Dzeko? Berikut 10 fakta menarik dari ‘the new’ Zlatan Ibrahimovic.

1. Dzeko lahir 17 Maret 1986 di Sarajevo, daerah konflik di Balkan. Dzeko kecil dan keluarganya harus berjuang hidup di tengah perang etnis yang memporak porandakan negerinya saat masih berusia enam tahun.

Dikutip dari Mirror Football, Dzeko mengatakan:

“Itu adalah masa yang sulit untuk semua orang di negeri kami. Tidak ada makanan, kami ketakutan setiap hari. Kami bersembunyi setiap ada suara tembakan dan bom. Anda bisa tertembak kapan saja. Saya bisa menangis bila mengingat masa itu. Saya bersyukur pada Tuhan perang telah berlalu,”

2. Meski saat ini menjadi striker papan atas Eropa, tahukah anda bahwa Dzeko mengawali karirnya di klub lokal FK Zeljeznicar bukan sebagai penyerang, tapi gelandang.

3. Nama Dzeko mulai dikenal saat menjadi top skor musim 2006/07 bersama klub Republik Ceska, FK Teplice, dengan 13 gol dalam 30 pertandingan.

4. Dzeko hijrah ke Bundesliga pada musim panas 2007 dengan transfer senilai 4 juta euro ke Wolfsburg. Ia mencetak LIMA gol dalam 11 pertandingan pertama dan mendapat penghargaan sebagai striker terbaik paruh musim 2007-08.

5. Musim keduanya bersama Wolfsburg, Dzeko makin menjadi. Duetnya dengan Grafite di lini depan Wolfsburg adalah momok semua tim Bundesliga dengan total 54 gol. Dzeko mencetak 26 gol dan turut membawa Wolfsburg meraih gelar juara Bundesliga pertama dalam sejarah klub itu.

6. Dzeko meraih penghargaan sebagai Pemain Sepakbola Terbaik Jerman 2008-09 dan masuk nominasi peraih Ballon d’Or 2009 yang dimenangkan oleh Lionel Messi.

7. Gol pertama Dzeko di Liga Champions adalah ke gawang Manchester United di Old Trafford saat Wolfsburg kalah 1-2 pada Se

8. Dzeko telah memperkuat timnas Bosnia sejak level junior. Debutnya di tim senior melawan Turki pada Juni 2008 dan langsung mencetak gol.

9. Di timnas Bosnia Herzegovina, Dzeko mengoleksi 17 gol dalam 31 pertandingan. Meski negaranya tak lolos Piala Dunia 2010 karena disingkirkan Portugal di play-off, nama Dzeko ada dalam urutan runner up top skor kualifikasi zona Eropa bersama Wayne Rooney.

10. Pencetak gol ulung di semua level. Total Dzeko telah mencetak 93 gol dalam 209 pertandingan bersama klub.

Bayangkan bagaimana kuatnya lini depan City dengan Tevez, Balotelli, dan Dzeko…

Follow penulis blog Catatan Bola di @zulfikaralex

Follow Ongisnade di Twitter Join Catatan Bola di Facebook

  1. 25/11/2011 pukul 22:26

    bravo dzeko kalahkan liverpol di malam minggu nanti……dengan skor 2-0 saja

  1. 13/01/2011 pukul 08:27

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: