Beranda > Piala AFF > Komentar Final: Rajagopal dan Alfred Riedl

Komentar Final: Rajagopal dan Alfred Riedl



Indonesia kembali gagal menjadi juara Asia Tenggara untuk ke EMPAT kalinya di final setelah kalah agregat 2-4 dari Malaysia di GBK (29/12). Bagaimana komentar pelatih Alfred Riedl (Indonesia) dan Krishnasamy Rajagobal (Malaysia)? Berikut catatannya.

Baca juga: Review dan foto-foto pertandingan final Indonesia vs Malaysia

Rajagobal mengaku yakin sejak awal leg kedua final timnya akan keluar sebagai juara baru bermodal kemenangan telak 3-0 di Malaysia. Rajagopal juga yakin timnya memang pantas menjuarai Piala AFF.

“Kami tahu Indonesia akan bermain agresif di leg kedua ini setelah kalah 3-0 di leg pertama. Mereka akan berusaha mencari gol cepat. Kalau Indonesia bisa mencetak gol, berbahaya bagi kepercayaan diri para pemain.

“Karena itu saya instruksikan para pemain untuk bertahan secara tim segera setelah kehilangan bola. Saya minta untuk tidak member nafas bagi Indonesia. Kami hanya mengincar counter attack dan beberapa kali mengancam pertahanan mereka.

“Di pertandingan pertama (saat kalah 5-1 di penyisihan grup), kami lebih banyak melakukan kesalahan individu yang membolehkan Indonesia mencetak lima gol. Tetapi sekali lagi saya tetap yakin dengan kemampuan tim saya yang mayoritas diisi pemain muda.

“Setelah kalah 1-5 dari Indonesia, kami mengevaluasi kesalahan-kesalahan yang kami lakukan. Itu yang membuat kami sukses di laga-laga berikutnya melawan Thailand, Laos,d an Vietnam. Saya sadar tim ini punya kemampuan, dan kami datang ke sini dengan keyakinan

“Kepercayaan diri kami semakin tinggi setelah mengalahkan Vietnam (2-0 di semifinal). Karena itu kami yakin bisa mengalahkan Indonesia meski kami tahu mereka punya tim yang bagus.

Rajagopal

Pelatih Indonesia Alfred Riedl memuji penampilan para pemain timnas yang luar biasa pada pertandingan final kedua AFF Suzuki Cup 2010 dan meraih kemenangan 2-1 meski belum cukup mengejar ketertinggal gol dari Malaysia.

“Menurut saya sekarang ini tim yang terbaik kalah. Kami sudah kalah saat di Malaysia. Para pemain tampil kacau selama 15 menit dan kami harus menerima ganjarannya.

“Hari ini pasukan Merah Putih main luar biasa. Kami hanya sedikit kurang beruntung. 45 menit pertama adalah babak pertama terbaik kami sepanjang Piala AFF. Babak kedua, kami menunjukan karakter permainan. Meski lebih dulu ketinggalan 1-0, namun kami mampu bangkit dan mencetak dua gol balasan.

“Saya rasa pertanyaan semacam ini tak perlu dijawab (andai Firman sukses mengeksekusi penalti di babak pertama). Mungkin benar kami akan mendapat momentum, mungkin kami lebih percaya diri, mungkin ini dan itu, tetapi tak ada gunanya membahas kemungkinan-kemungkinan yang sudah lewat itu.

“Terima kasih untuk para pemain, yang selalu tampil penuh komitmen dan disiplin. Tanpa itu semua, tak mungkin kami mencapai final.

“Terima kasih juga untuk Bambang Pamungkas dan Firman Utina, sebagai pemimpin tim. Terima kasih untuk masyarakat dan para suporter di stadion. Para pemain tampil sangat bagus di turnamen ini dan bisa menampilkan permainan yang menghibur.

Alfred Riedl

Follow penulis blog Catatan Bola di @zulfikaralex

Follow Ongisnade di Twitter Join Catatan Bola di Facebook

  1. 30/12/2010 pukul 12:45

    Sekedar INFO saja…KALAU MALAM INI PARA PENDUKUNG TIMNAS PULANG DENGAN KEKECEWAAN…TAPI NANTI TGL 31 DES 2010…PENDUKUNG SAYYIDINA MUHAMMAD PASTI PULANG DENGAN KEBAHAGIAAN….KARENA TIDAK ADA TAMU ALLAH YG PULANG DENGAN KEKECEWAAN….PASTI DGN SEGALA ANUGERAH DAN KEBAHAGIAAN,,,SHOLLU ‘ALA MUHAMMAD…

  1. 30/12/2010 pukul 07:02

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: