Beranda > Editorial, Liga Inggris > Young Guns: Kasper Schmeichel

Young Guns: Kasper Schmeichel



Kasper Schmeichel, peneus kehebatan Peter Schmeichel di bawah mistar gawang

Kita pasti tak asing dengan kiper legendaris Manchester United, Peter Schmeichel. Tapi bagaimana dengan Kasper Schmeichel? Kasper adalah kiper Leeds United berusia 24 tahun, anak kandung Peter.

Perawakan Kasper hampir sama dengan sang ayah, Peter. Berbadan raksasa, tinggi besar, dan blonde. Kasper adalah kiper nomor satu Leeds musim ini, sama seperti sang ayah yang kiper legendaris di Old Trafford, sedikit ironis memang mengingat rivalitas panas antara Manchester United dengan Leeds United dalam sejarah persepakbolaan Inggris.

Kiper kelahiran 5 November 1986 itu bergabung dengan Leeds dari Notts County awal musim 2010/11, saat Leeds promosi ke Championship. Ia langsung menjadi pilihan utama manajer Simon Grayson menyingkirkan kiper yang lebih senior, Shane Higgs.

Kasper sempat cedera beberapa pekan awal musim dan comeback dengan catatan kurang manis, kebobolan empat gol saat Leeds dihajar Cardiff 0-4 di Elland Road.

Tapi itu menjadi titik balik perjalanan Leeds musim ini dimana Luciano Becchio dkk kemudian tak terkalahkan dalam sembilan pertandingan, termasuk mengalahkan pimpinan klasemen Queens Park Rangers dan berada di posisi runner up alias zona promosi otomatis ke Premier League saat Natal.


MENTAL JUARA: Kasper Schmeichel membawa Notts County juara League Two 2009/10

Penampilan impresif Kasper bersama Leeds membuat mantan kiper Manchester City itu menjadi kandidat kiper timnas senior negara asalnya, Denmark.

Konon, Inggris pun memantau Kasper Schmeichel untuk bisa memperkuat The Three Lions. Sebagai catatan, Kasper belum mengemas caps senior bersama tim Dinamit karena hanya bermain di level U-19, U-20, dan U-21.

Sebagai anak kandung Peter Schmeichel yang lama di Manchester, Kasper menghabiskan masa kecilnya di Inggris, konon ia lebih lancar berbahasa Inggris daripada bahasa Denmark. Namun sumber di Leeds mengatakan Schmeichel junior hanya ingin memperkuat timnas Denmark, mengikuti jejak ayahnya.

Pelatih timnas Denmark Morten Olsen, saat ini mempercayai kiper Stoke City Thomas Sorensen di bawah mistar Denmark. Pertandingan internasional terdekat Denmark adalah uji coba lawan Inggris di Kopenhagen, 9 Februari nanti. Klop!


DENMARK ATAU INGGRIS? Kasper Schmeichel lebih memilih Denmark, namun ambisinya saat ini adalah menjadi kiper nomor satu di Premier League… bersama Leeds United

Menarik ditunggu apakah nanti nama Kasper Schmeichel sudah masuk dalam daftar susunan pemain timnas Denmark, atau justru sebagai punggawa timnas Inggris?

Yang pasti saat ini pelatih Inggris Fabio Capello punya gacoan Joe Hart di bawah mistar The Three Lions. Ironisnya, Hart adalah mantan rekan dekat Kasper di Manchester City, saat keduanya berada di bawah bayang-bayang Shay Given.

Follow penulis blog Catatan Bola di @zulfikaralex

Follow Ongisnade di Twitter Join Catatan Bola di Facebook

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: