Beranda > Editorial, Piala AFF > Fokus Piala AFF: Naturalisasi Filipina

Fokus Piala AFF: Naturalisasi Filipina



MULTINASIONAL: Skuad timnas Filipina yang diperkuat pemain-pemain naturalisasi

Timnas Filipina yang menjadi lawan Indonesia di semifinal Piala AFF 2010 diperkuat sederet pemain asing’ alias naturalisasi. Siapa saja mereka? Berikut catatannya:

Jason De Jong

Berdarah campuran Belanda – Filipina. Pemain kelahiran tahun 1990 ini menolak bermain untuk timnas Belanda U-19 dan lebih memilih Filipina. Saat ini ia bermain di klub Divisi Dua Belanda, Veendam.

Tunggu dulu, selain bermain di Piala AFF 2010, Jason De Jong juga merupakan pemain timnas futsal Filipina! Ia mencetak tiga gol saat Filipina menang 10-0 lawan Timor Leste dan kalah 3-4 dari Indonesia.

Saya tidak tahu apakah Jason masih ada hubungan keluarga dengan Nigel, tetapi semoga si Jason ini tidak hobi mematahkan kaki lawan seperti Nigel.

Ray Anthony Jonsson

Dari nama belakangnya kita bisa tahu ia punya darah Islandia. Meski sudah tak muda (31 tahun) bek kiri ini pernah memperkuat timnas Islandia U-21 pada tahun 2001, hampir satu dekade lalu. Saat ini Jonsson bermain di klub lokal Islandia, Volsungur.

Jonsson melakukan debutnya bersama The Azkals pada 12 Oktober 2010 saat mengalahkan Macau 5-0.


PAMAN SAM: Kapten timnas Filipina berpaspor Amerika, Alex Borromeo

Alexander Charles Luis Borromeo

Kapten timnas Filipina ini punya darah Amerika Serikat, dan juga darah latin, bisa dilihat dari nama belakangnya: Luis Borromeo. Ia sudah cukup lama bermain untuk Filipina, sejak tahun 2004 lalu. Ia sudah mengemas 28 caps dan mencetak 4 gol.

Manuel Ott

Nama Jerman. Tak salah karena ia punya darah Der Panzer. Saat ini Ott bermain di tim divis dua Bundesliga, Ingolstadt 04. Ott pertama kali bermain untuk Filipina saat bermain imbang 0-0 dengan Taiwan, 13 Januari lalu.

Neil Etheridge

Main di Premier League, Etheride menjadi pemain ‘paling top’ di Piala AFF tahun ini. Etheridge kelahiran London tahun 1990 dan saat ini menjadi kiper cadangan Fulham setelah Mark Schwarzer dan David Stockdale.

Konon Etheridge yang pernah memperkuat timnas Inggris U-16 ini menolak panggilan timnas Filipina pada tahun 2007, namun akhirnya mau memperkuat negara ibunya itu pada tahun 2008.

Di Piala AFF 2010 -hingga sebelum semifinal- gawang Etheridge hanya kebobolan satu gol, rekor paling sedikit di antara delapan tim lain.

Anton Del Rosario

Lahir di Amerika Serikat dan kini bermain di Liga Filipina. Bek ini telah mengoleksi 28 caps bersama Filipina.


EX THE BLUES: Phil Younghusband, striker andalan Filipina eks Chelsea

James Joseph Placer Yonghusband

James Yonghusband adalah lulusan akademi sepakbola Chelsea dan pertama kali memperkuat timnas Filipina pada tahun 2005 lalu. Karir klub James kurang bersinar setelah dilepas Chelsea, ia kini bermain di tim non-league Inggris, Farmborough.

Philip James Placer Younghusband

Lebih dikenal dengan nama Phil Younghusband. Adik kandung James, Philip juga lulusan Chelsea dan pertama kali bermain untuk Filipina di SEA Games 2005, mencetak dua gol saat kalah 2-4 dari Malaysia. Di Piala AFF 2010, Philip mencetak satu gol saat The Azkals secara mengejutkan mengalahkan tuan rumah sekaligus salah satu favorit juara, Vietnam, dengan skor 2-0.

Robert James Dazo Gier

Bek kelahiran Inggris, 6 Januari 1980 ini memainkan debutnya untuk Filipina pada kualifikasi AFC Cup 2009 lawan Bhutan. Ia bermain di tim lokal Filipina, Ascot United.

Christopher Robert Barbon Greatwich

Lebih dikenal dengan nama Chris Greatwich. Kelahiran Inggris. Bomber kelahiran 30 September 1983 ini sudah mencetak dua gol di Piala AFF 2010 ke gawang Singapura dan Vietnam. Pernah memperkuat tim divis satu Inggris, Brighton and Hove Albion, Greatwich sekarang bermain di klub amatir Amerika Serikat, Morris County Colonials.

Video: Perjalanan Filipina di penyisihan grup Piala AFF 2010

Myanmar 0 – 0 Filipina

Filipina 2 – 0 Vietnam

Singapura 1 – 1 Filipina

Follow penulis blog Catatan Bola di @zulfikaralex

Follow Ongisnade di Twitter Join Catatan Bola di Facebook

  1. 16/12/2010 pukul 09:04

    modal main di klub besar bukan jaminan kemenangan .. . bola itu bulat boss!!!

  2. Handy Beler
    21/12/2010 pukul 17:24

    pertandingan antara indonesia vs filipina adalah final yang sebenarnya, dimana tim indonesia dengan kemampuan menyerang terbaik vs tim filipina dengan kemampuan bertahan terbaik, indonesia punya el loco, bachdim, maniani, ridwan dan utina sementara filipina meski pemain bertahan mereka tidak terlalu hebat tetapi penjaga gawang mereka luar biasa, biar cuma kiper cadangan ke-3 fulham tapi kualitas memang berbicara, dari yang saya lihat pertahanan filipina sangat kuat karena faktor orang ini (neil etheridge), cuma sayang filipina mesti kalah oleh “orang gila” yang sedang kalap, gol ke-2 el loco vs filipina benar-benar kelas dunia, saya sangat yakin kiper terbaik dunia pun pasti tidak akan sanggup karena sudut yang dituju bola benar-benar sudut “mustahil”, bravo untuk el loco

  3. 22/12/2010 pukul 09:25

    Berkat pengalaman main di negara eropa mempengaruhi gaya permainan FIliphina. Tapi semua itu tidak mempengruhi semangat timnas Indonesia untuk memenangkan pertandingan

  1. 16/12/2010 pukul 07:02

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: